Cara mendidik anak di usia 4-6 tahun
Terkadang mengajar anak usia 4-6 tahun atau bisa
dibilang Tk tidaklah mudah, hal tersebut saya alami karena saat ini anak saya
Selma usianya sudah 4 tahun. Kebetulan saya adalah seorang guru SMA sehingga
untuk memahami anak dalam mengajarinya sedikit kesulitan karena selama ini saya
terbiasa mengajar anak usia SMA. Terkadang saya menuntutnya terlalu berlebihan.
Sebagai orangtua tentunya saya ingin tahu bagaimana cara mengajar anak
usia TK.Berikut adalah tips yang saya ambil dari sebuah web.
Cara mendidik anak di usia 4-6 tahun
cara mendidik anak |
Terkadang mengajar anak usia 4-6 tahun atau bisa
dibilang Tk tidaklah mudah, hal tersebut saya alami karena saat ini anak saya
Selma usianya sudah 4 tahun. Kebetulan saya adalah seorang guru SMA sehingga
untuk memahami anak dalam mengajarinya sedikit kesulitan karena selama ini saya
terbiasa mengajar anak usia SMA. Terkadang saya menuntutnya terlalu berlebihan.
Sebagai orangtua tentunya saya ingin tahu bagaimana cara mengajar anak
usia TK.Berikut adalah tips yang saya ambil dari sebuah web.
Tips mengajar siswa
usia Taman Kanak-kanak (4-6 tahun)
1. Sabar,ramah dan ceria.
Seperti halnya siswa di usia play group, siswa taman kanak-kanak masih membutuhkan kesabaran ektra dari gurunya. Lagu-lagu, tepuk tangan, senyum ramah guru dan juga rewards (penghargaan) masih merupakan hal penting untuk mereka.
2. Memahami prinsip multiple intelligence dan mulai mengajak siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat dalam hal-hal yang sederhana..
Prinsip multiple intelligence juga sangat berguna di level ini. Perbedaan antara mengajar siswa taman kanak-kanak dan siswa play group adalah bahwa siswa di usia 4-6 tahun sudah mulai bisa dirangsang kemampuan logikanya. Guru sudah mulai bisa menanyakan pendapat siswa tentang suatu hal sederhana sehingga akan mempermudah guru mencari metode pengajaran yang tepat.
3. Mulai memberikan contoh mulai dari perilaku sederhana sehari-hari sampai contoh di dalam materi pelajaran.
Hal terberat yang harus dilakukan guru taman kanak-kanak adalah bagaimana menerapkan nilai-nilai, karakter baik, tata krama perilaku sehari-hari kepada siswa. Siswa Taman kanak-kanak adalah peniru yang handal. Seorang guru benar-benar harus bisa menjadi contoh yang baik karena siswa di level ini peka sekali terhadap setiap contoh yang dilihatnya.
Dalam memahami materi pelajaran, metode mengajar seperti metode Glen Doman untuk pengembangan bahasa juga sudah bisa diterapkan di level ini. Seorang siswa sudah dapat belajar membaca kata-kata yang ditulis dan dilafalkan oleh guru sebagai contoh. Siswa dapat menghafal dan memahami huruf-huruf sebagai proses membaca bersama guru dan teman-temannya di dalam kelas.Dalam hal ini guru sebenarnya sudah mengajarkan belajar kelompok dan prinsip kebersamaan kepada siswa-siswanya.
Bagi Anda yang memiliki anak usia 4-6 tahun mudah-mudahan tips ini dapat berguna dalam mengajar dan mendidik putra putri kita.
1. Sabar,ramah dan ceria.
Seperti halnya siswa di usia play group, siswa taman kanak-kanak masih membutuhkan kesabaran ektra dari gurunya. Lagu-lagu, tepuk tangan, senyum ramah guru dan juga rewards (penghargaan) masih merupakan hal penting untuk mereka.
2. Memahami prinsip multiple intelligence dan mulai mengajak siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat dalam hal-hal yang sederhana..
Prinsip multiple intelligence juga sangat berguna di level ini. Perbedaan antara mengajar siswa taman kanak-kanak dan siswa play group adalah bahwa siswa di usia 4-6 tahun sudah mulai bisa dirangsang kemampuan logikanya. Guru sudah mulai bisa menanyakan pendapat siswa tentang suatu hal sederhana sehingga akan mempermudah guru mencari metode pengajaran yang tepat.
3. Mulai memberikan contoh mulai dari perilaku sederhana sehari-hari sampai contoh di dalam materi pelajaran.
Hal terberat yang harus dilakukan guru taman kanak-kanak adalah bagaimana menerapkan nilai-nilai, karakter baik, tata krama perilaku sehari-hari kepada siswa. Siswa Taman kanak-kanak adalah peniru yang handal. Seorang guru benar-benar harus bisa menjadi contoh yang baik karena siswa di level ini peka sekali terhadap setiap contoh yang dilihatnya.
Dalam memahami materi pelajaran, metode mengajar seperti metode Glen Doman untuk pengembangan bahasa juga sudah bisa diterapkan di level ini. Seorang siswa sudah dapat belajar membaca kata-kata yang ditulis dan dilafalkan oleh guru sebagai contoh. Siswa dapat menghafal dan memahami huruf-huruf sebagai proses membaca bersama guru dan teman-temannya di dalam kelas.Dalam hal ini guru sebenarnya sudah mengajarkan belajar kelompok dan prinsip kebersamaan kepada siswa-siswanya.
Bagi Anda yang memiliki anak usia 4-6 tahun mudah-mudahan tips ini dapat berguna dalam mengajar dan mendidik putra putri kita.