Powered by Blogger.

Pengertian dan sejarah terciptanya komputer

Pengertian dan sejarah terciptanya komputer 



A.   PENGERTIAN KOMPUTER :

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang berarti menghitung .
Dalam bahasa inggris computer disebut To Compute .
1.    DEFINISI KOMPUTER :
Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input),mengoah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah control program yang tersimpan di memori nya.
2.   .PENGGOLONGAN KOMPUTER :  
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya .
1.Berdasarkan Data Yang Di Olah
1.Komputer Analog =  
Komputer ini merupakan komputer yang di gunakan untuk menerima sinyal analog,Komputer ini biasanya di gunakan untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka namun yang bersifat gelombang.
2.Komputer Digital =
Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan kita kenal ,data yang di terima merupakan sudah menjadi data yang berupa digital.
3.Komputer Hybrid =
Komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital.
Komputer jenis ini di peruntukan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitaif maupun kualitatif.

2.Berdasarkan Penggunaanya
            1.Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
            2.Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
3.Berdasarkan Kapasitas Dan Ukurannya


1.      Komputer mikro
2.      Komputer Mini
3.      Komputer Kecil
4.      Komputer Menengah
5.   ` Komputer Besar
6.      Komputer Super
4.Berdasarkan Generasinya
            1.Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
            2.Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
            3.Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
            4.Komputer Generasi Keempat (1979-Sekarang)
            5.Komputer Generasi Kelima
# SEJARAH KOMPUTER
Sejak jaman dahulu kala pengelolaan data sudah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan alat-alat elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pegolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat .Komputer saat ini yang kita gunakan dan kita temui adalah hasil dari evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala .
Pada saat ini komputer telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Bahkan komputer dan internet dapat menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Awal mula komputer di bentuk oleh seorang professor matematika dari inggris Charles Babbage (1791-1871). Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan defferensial.mesin tersebut dinamakan mesin defferensial.Dengan menggunakan tenaga uap ,mesin tersebut dapat menyimapan program dan dapat melakukan kalkulasi dan mencetak hasilnya secara otomatis .
Selama sepuluh tahun tiba-tiba Babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama ,yang di kenal Analytical Engine.Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan mesin ini .Pada tahun 1980 Departemen Pertahanan Amerika serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai tanda penghormatan kepadanya.
Pada 1889,Herman Hollerith(1860-1929) menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukan data yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik .Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel.
Hollerih kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjual nya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company .Pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger .Perusahaan lain seperti Remington rand and burroghs juga memproduksi  alat pembaca kartu perforasi untuk bisnis.Kartu perforasi di gunakan juga untuk kalangan bisnis dan pemerintahan untuk pemrosesan data hingga tahun 1960 .



Comments
0 Comments
Facebook Comments by ABT

0 comments

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar Sobat..Dengan syarat jangan sampai ada unsur sara dan pornografi..Atas pengertian sobat saya ucapkan banyak Terima Kasih.