Powered by Blogger.

Pengelolaan perpustakaan

Sehubungan dengan kegiatan pengeloaan perpustkaan diuraikan pula klasifikasi koleksi perpustakaan sebagaimana yang dikemukakan oleh Departemen Pendidikan dan kebudayaan (1977:64) adalah  

   a.       Referensi books
Yang termasuk dalam golongan ini misalnya : kamus, ensiklopedia,  buku pedoman, atlas, indeks dan bibliografi.  
   b.      Buku-buku bacaan dan pengetahuan umum baik langsung bersangkutan dengan kurikulum maupun tidak
   c.       Buku-buku bacaan perpustakaan wajib dan buku-buku bacaan populer kreatif yang lain.
   d.      Majalah-majalah ilmiah, majalah populer, harian-harian, baik bentuknya yang asli maupun potongan artikel dari harian-harian atau majalah .       Slide, mikro film, film strip, tape recorder, tv dan lain sebagainya
f  e.       Lembaran-lembaran negara, pamflet, kumpulan karangan dari murid-murid dan guru-guru.
   f.      Gambar peta, globe, piringan hitam dan sebagainya
   g.      Arsip-arsip sekolah, misalnya : soal-soal ujian tiap-tiap tahun, catatan atau grafik kemajuan sekolah yang bersangkutan.
Semua koleksi buku perpustakaan harus diklasifikasikan, yaitu digolongkan dan diatur agar mudah dan lancar dalam pengelolahnya.
Ada dua sistem klasifikasi buku perpustakaan yang sering digunakan, yaitu :
   a.       Sistem Dewey Decimal Classification (DDC)
Menurut Mevil Dewey, ilmu pengetahuan diklasifikasikan kedalam sembilan golongan atau kelas dan satu lagi subjek-subjek yang tidak dimasukan kedalam sembilan golongan ilmu tadi.
Tiap golongan atau kelas diberi nomor 100 sampai 900 dan bagi satu golongaaaan yang tidak dapat dimasukan kelas-kelas tersebut diber nomor 000
   b.      Sistem Universal Decimal Clasification (UDC)
Adalah sistem decimal dari Dewey yang diperluas yaitu meminjam pokok persoalan dari berbagai segi. Misalnya segi sejarah, bentuknya, bahasanya, dan lain sebagainya.


Comments
0 Comments
Facebook Comments by ABT

0 comments

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar Sobat..Dengan syarat jangan sampai ada unsur sara dan pornografi..Atas pengertian sobat saya ucapkan banyak Terima Kasih.