Powered by Blogger.

Syarat-syarat perpustakaan

Menurut Menurut Wahyu Murtiningsih, secara garis besar faktor-faktor yang menjadi dasar  
perpustakaan ideal adalah:
   1.      Sumber daya manusia yang mengelola perpustakaan. Komponen ini adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses pengembangan diri perpustakaan. Keluwesan dalam menanggapi dinamika perubahan zaman oleh pustakawan mutlak diperlukan jika perpustakaan ingin maju. Hal yang terpenting dalam pengadaan SDM  menuju perpustakaan yang ideal  adalah pustakawan yang berdedikasi tinggi pada tugas dan mempunyai kemampuan plus.  
   2.      Manajemen perpustakaan yang digunakan
Manajemen yang terkesan berbelit-belit dan kolot tidak lagi berlaku di zaman sekarang. Untuk itu dibutuhkan segalanya yang efektif dan mengikuti perkembangan zaman dalam mengatur perpustakaan.
   3.      Lengkapnya koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan
Lengkapnya koleksi yang dimiliki perpustakaan sering kali terkendala oleh adanya dana. Dengan mengadakan kerjasama antar perpustakaan yang baik dan konsisten maka koleki perpustakaan akan lebih bervariasi dan biaya pengadaan bisa ditekan. Bentuk kerjasama tentu saja ber-macam-macam mulai dari pengadaan bahan pustaka  sampai kerjasama pengolahan. Kerjasama antar perpustakaan tidak hanya menguntungkan pemakai saja tapi juga para pustakawannya, karena antar pustakawan dapat saling bertukar informasi atau seputar dunia kerja di perpustakaan sehingga pengalaman mereka menjadi lebih banyak.
   4.      Dana
Kurangnya dana yang dimiliki oleh perpustakaan dan sedikitnya subsidi dari pemerintah merupakan faktor yang menyebabkan perpustakaan tidak bisa maju. Oleh karena itu, diperlukan perhatian pemerintah terhadap perpustakaan, karena keberadaan perpustakaan sangat penting sebagai sumber pengetahuan.


Comments
0 Comments
Facebook Comments by ABT

0 comments

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar Sobat..Dengan syarat jangan sampai ada unsur sara dan pornografi..Atas pengertian sobat saya ucapkan banyak Terima Kasih.