Powered by Blogger.

Pengertian dan sejarah internet

Apa sih sebernanya internet...kalau anda mau tahu silahkan baca selengkapnya.....

Internet adalahjaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batasteritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaringlaba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik(node) yang saling berhubungan. 
Node bisa berupa komputer, jaringan lokal atauperalatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagaitulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terestrial (kabel, seratoptik, microwave, radio link) maupun satelit . Node terdiri dari pusatinformasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringanserta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet. 
Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secarafisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umumInternet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet adalahinformasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimediayang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalambentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada diInternet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.
Drew Heywood (1996) menerangkan : sejarah Internetbermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense (DoD)memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking. Yaitu standar yangmampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milikkontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringanini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalamkondisi minimum akibat bencana atau perang.
Tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA)dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakanteknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun menghubungkan 4 tempatyaitu : UCLA, UCSB, Utah dan SRI International. Hingga tahun 1972 jaringan initelah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANetkemudian menjadi backbone Internetworking institusi pendidikan, penelitian,industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer(MILNet).
Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan denganmengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation (NFS) kemudianmembiayai pembongkaran backbone ARPANet menjadi backbone Internet komersial dandikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) :andil besar dalam perwujudan Internet adalah tergabungnya jaringan regionalseperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM),EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambahdengan sejumlah link transatlantik yang beroperasi pada 64 Kbps – 2 Mbps padatahun 1988.
Menurut Khoe Yao Tung (1997), jaringan pendukungInternet di seluruh dunia adalah :
™ Amerika didorong oleh NFS – ANSNet dan CO+RE(jaringan non profit terbatas)
yang bekerjasama dengan Commercial InternetExchange (CIX) serta Sprint
(perusahaan telekomunikasi umum) tahun 1990.Pengesahaan RUU NREN
(National Research and Education Network) olehKongres Amerika pada
Desember 1991. Ditambah 8 aliansi jaringanregional yang tergabung dalam
The Corporation for Regional an EnterpriseNetworking (CoREN) yaitu :
BARRNet, CICNet, MIDNet, EARNet, NorthWestNet,MYSERNet, SURANet dan WestNet. CoREN bekerjasama dengan perusahaantelekomunikasi komersial
MCI. ™ Kanada dengan jaringan backbone nasionalCA*Net ™ Australian Academic and Research Network (AARNET) ™ The EuropeBackbone (EBONE) dan The European UNIX Network (EUNet) dan
RIPE organisasi jaringan e-mail Eropa
™ Jepang memiliki Widely Integrated DistributedEnvirontment (WIDE), Today International Science Network (TISN), Japan AcademicInteruniversity Network (JAIN) dan Japan UNIX Network (JUNET). Kebanyakanbekerjasama dengan jaringan telekomunikasi komersial AT&T perwakilan Jepangyang disebut dengan SPIN. Pelayanan lain yang bersifat internasional adalahInterCon International KK (IIKK) dan Internet Initiative Japan (IIJ) yangberasosiasi dengan WIDE untuk menyediakan jaringan Internet dikawasan Asia,termasuk jaringan penelitian dan pendidikan untuk kawasan Asia (disponsori olehNEC, IIJ dan WIDE) yang disebut AI3 (Asia Internet Interconnection Initiative)yang mengembangkan teknologi satelit komunikasi Ku Band
™ Belakangan muncul ABONE (Asia Backbone) yangdidirikan oleh konsorsium negara-negara di Asia seperti Jepang, Korea,Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Hongkong. Interkoneksi duniatersebut memakai jaringan serat optik antar benua berkapasitas + 45 Mbps. (T3+) dan jaringan satelit telekomunikasi.
Protokol TCP / IP
Salah satu isu terpenting di Internet adalahpenerapan Standar Komputasi Terbuka (Open Computing Standard). KarenaInternetworking dan Internet mengintegrasikan semua sistem, jenis dan tipekomputer yang ada di dunia, maka harus ada standar yang menjamin komputer dapatsaling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama. Menurut Drew Heywood(1996) : standar bahasa komputer universal telah dikembangkan sejak 1969,terdiri dari serangkaian protokol komunikasi disebut Transfer Control Protocolyang bertugas mengendalikan transmisi paket data, koreksi kesalahan dankompresi data dan Internet Protocol yang bertugas sebagai pengenal (identifier)dan pengantar paket data ke alamat yang dituju.
Protokol TCP / IP menyatukan bahasa dan kodeberbagai komputer di dunia sehingga menjadi standar utama jaringan komputer.TCP / IP berkembang cepat dan kaya fasilitas karena bersifat terbuka, bebasdigunakan, ditambahkan kemampuan baru oleh siapapun dan gratis karena tidakdimiliki oleh siapapun. Menurut Khoe Yao Tung (1996), Drew Heywood (1996) danAndrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama protokol TCP/IP adalah :
™ File Transfer Protocol (FTP) yaitu fasilitastransfer file antar komputer
™ Surat elektronik (E-mail) atau fasilitas suratmenyurat antar komputer yang terdiri atas Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)sebagai dasar komunikasi e-mail, Multi Purpose Internet Mail Extensions (MIME)yaitu standar format biner grafik, dan suara agar dapat ditransmisikan melaluie-mail, Post Office Protocol (POP) yaitu sistem penerima e-mail, Network NewsTransfer Protocol (NNTP) sarana pertukaran berita, artikel dan diskusi melaluie-mail
™ Emulasi terminal jarak jauh (Telnet, RemoteLogin) yang memungkinkan suatu komputer (client) untuk masuk dan mengendalikanhost yang terletak jauh darinya, misalnya pada network yang lain atau diInternet
™ Simple Network Management Protocol (SMNP) yaituprotokol pengendalian peralatan network jarak jauh. Drew Heywood (1996)menyebutkan : fungsi utama itu masih diikuti dengan fasilitas Domain NameSystem (DNS) yaitu metode penamaan dan pengalamatan suatu network berdasarkankelompoknya.
Sedang Andrew S. Tanenbaum (1996) memberipengertian fungsi secara singkat : aplikasi TCP / IP menghasilkan 4 fasilitaspenting E-mail, News, Remote Login dan Transfer File. Semula tampilan Internetmasih berupa teks murni, revolusi terjadi ketika WEB atau World Wide Web (WWW -tampilan grafis dan multimedia di Internet) diperkenalkan.
WEB dan HTML
Menurut Sampurna (1996) : WEB adalah sekelompokkode berbasis teks yang sederhana dan universal, disebut Hypertext MarkupLanguage (HTML). Karena berbasis teks, HTML dikenali dan diterjemahkan segalajenis komputer dalam bentuk tampilan informasi yang sama. HTML adalah kreasiTim Berners Lee, ilmuwan European Laboratory for Particle Physics (CERN -organisasi penelitian 18 negara Eropa) di Geneva Swiss. Maret 1989 Timmemperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antar muka distribusi informasi diInternet yang mampu menggabungkan teks, grafik dan multimedia dengan metodenavigasi menu pada mesin UNIX.
HTML adalah bahasa kode pemrograman yang menjadidasar bagi terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh sistem komputer yang salingberbeda dapat mengenali format2 yang ditampilkan dalam situs2 Internet tanpaperbedaan yang berarti, termasuk didalamnya penampilan multimedia (grafik,suara dan citra video). HTML berbasis teks yang sangat sederhana dan praktissehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis komputer dalam platform sistem yangberbeda.
Dokumen HTML mengandung perintah2 teks yangdisebut tag untuk menampilkan tulisan, gambar, warna, suara, video, animasidsb. serta link yang menghubungkan berbagai topik. Dengan bentuk hypertext makahalaman Internet (Web Site – Kios Internet) akan dapat dibangun dengan cepatserta ditampilkan dengan cantik. Dalam konsep hypertext ini pembacaan suatudokumen tidak harus urut namun bisa meloncat antar topik bahkan di print maupundicopy ke media penyimpan lokal (harddisk misalnya). Format hypertext jugamemungkinkan pemakai mesin yang hanya bisa mengenali teks untuk mengaksesdokumen dalam bentuk teks saja. Perbedaannya hanya terletak pada tidakditampilkannya gambar, grafik, animasi, video, suara dan warna.
Browser WEB
Atas bantuan National Center for SupercomputingApplications (NCSA), Mei 1993 standar ini diwujudkan dalam bentuk software yangdisebut MOSAIC. MOSAIC adalah browser pertama WEB dan diaplikasikanmultiplatform UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. Browser adalah programpenterjemah HTML menjadi tampilan WEB (teks, grafis dan multimedia) di layarkomputer pemakai. Kreator MOSAIC adalah Mark Andreesen, pada tahun 1994bergabung dengan Jim Clark yaitu salah seorang pendiri Silicon Graphics. Merekakemudian membuat browser WEB komersial pertama yaitu Netscape Navigator yangdengan segera menggeser popularitas MOSAIC. Hingga saat ini Netscape adalahbrowser paling populer dan menjadi pelopor dibidangnya. WEB, Internet danPerkembangannya
Januari 1992 pengguna Internet membentuk TheInternet Society yang mempromosikan Internet. Tahun 1994 CERN dan MIT membentukWorld Wide Web Consortium (W3C) sebagai otorita tunggal bagi pengembangan WEBserta berwenang menetapkan berbagai standar di dalamnya. Awal dekade 90-an, WEBsite (pusat informasi berbasis HTML di Internet) hanya berjumlah sekitar 50buah URL (Uniform Resource Locator – sistem pengalamatan kios informasi diInternet) dan hanya berisi teks saja.
Menurut Andrew S. Tanenbaum (1996) : akhir 1990telah berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200 ribu komputer. Tahun 1992 hostkesatu juta terhubung ke Internet dan tahun 1995 terdapat puluhan backbone,ratusan jaringan menengah regional, puluhan ribu LAN, jutaan host dan pengguna.Pertumbuhannya mencapa dua kali lipat setiap tahun (data penelitian Paxton,1996). Kini WEB adalah antar muka paling populer di Internet yang mampumenampilkan tidak hanya teks namun juga grafik (gambar, foto, animasi), suara,video dan dimensi virtual (3D). Diperkirakan pada akhir 1998 telah lebih dari10 juta WEB site dibangun oleh institusi pendidikan, bisnis, pemerintahan,media massa, hiburan, militer dan sebagainya dengan pengguna lebih dari 100juta.
Pengertian Intranet
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsiteknologi Internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997)mengatakan : Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segalafasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. Intranetumumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasidan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backboneInternet.
Kompatibilitas Intranet (sebagaimana Internet)sangat tinggi terhadap sistem lainnya sehingga mudah diterapkan, dipelajari,dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program dan sistem operasiyang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masadepan LAN. Keistimewaan fasilitas Intranet yang tidak terdapat pada jaringanlokal (LAN) konvensional adalah :
Tampilan WEB (grafis, multimedia) pada sistemoperasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya
Fasilitas standar Internet : surat elektronik(E-mail), transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin),pengendalian peralatan network jarak jauh (SMNP)
Aplikasi Internet yang kaya seperti search engine,mailing list, newsgroup, archie, gopher, wais dan sebagainya
Script programming universal Common GatewayInterface (CGI), Perl, Visual Basic, C dan Java yang mendukung operasi database
Dukungan integrasi database dan kompatibilitasdengan perangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle
Teknologi LAN seperti manajemen database, sistemterdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetapdipertahankan.
Salah satu hal terpenting dalam Internet /Intranet adalah keamanan jaringan (network security). Isu ini sensitifmengingat jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (publicservice communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapanjaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terusdikembangkan seperti firewall, enkripsi, encapsulated data packet, idrecognition dan sebagainya, sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketikaditerapkan dalam Intranet. Berbeda dengan LAN yang menggunakan jaringankomunikasi terproteksi (VPN – virtual private network) sehingga keamanannyarelatif lebih terjaga sehingga cukup memakai teknologi enkripsi saja.
Terminologi yang lebih berkembang dari Intranetadalah teknologi Extranet yang memiliki pengertian suatu jaringan Intranet yangdapat diakses dari luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum.
Manfaat Internet dan Intranet Aug 2, ’08 2:11 PM
for everyone
Manfaat Internet dan Intranet
Manfaat Internet
Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabilaseseorang mempunyai akses ke Internet. Berikut ini hanyalah sebagian dari apayang tersedia di Internet :
*Informasi untuk kehidupan pribadi :
Kesehatan, Rekreasi, Hobby, Pengembangan Pribadi,Rohani, Sosial.
*Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja :
Sains, Teknologi, Perdagangan, Saham. Komoditas,Berita Bisnis, Asosiasi Profesi, Asosiasi Bisnis, Berbagai Forum Komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaanInternet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi ataufaktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internetadalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memilikikode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat Internet terutamadiperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batasjarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber dayamanusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkanjaringan Internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
Fungsi internet secara garis besar:
1. (tele)Komunikasi dapat dikelompokan ke dalam
a. pesan yang dapat ditunda, yaitu e-mail danvoice-mail, menggunakan mail-server bagi perusahaan. Setiap karyawan memilikialamat email dengan domain perusahaan untuk kepentingan terbatas atau global.Disarankan untuk menyediakan beberapa alamat resmi seperti info@perusahaan,support@perusahaan, dsb.
b. tatap muka langsung berupa chat (teks) ataukonferensi (multimedia) dengan irc-server atau talk-server.
c. pesan terbuka dapat berupa mailing list (darimail server) atau menggunakan bulletin board (web).
2. resource sharing mencakup:
a Berbagi pakai file. Dalam file-server atauftp-server, masing-masing memiliki tempat penyimanan file di server sehinggakaryawan dapat bekerja dari komputer mana saja tidak tergantung pada satukomputer. File dapat digunakan bersama atau hanya orang tertentu saja.Pertukaran file antar karyawan atau antar departemen tanpa harus tercetak dikertas.
b. Homepage statis mirip seperti (a). Web dinamismemberikan keleluasaan pengembangan aplikasi yang multiplatform.
c.Printer sharing menghemat kebutuhan jumlahprinter.
d. Remote shell atau remote command memungkinkanmenjalankan aplikasi yang ada di server dengan resource yang ada di server.Komputer client cukup dengan requirement yang lebih sederhana.
Manfaat Intranet Bagi Semua
Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang digunakandi Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di Intranetdigunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet. WARNETsebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada contentyang khusus / spesifik yang internal di warnet tsb.
Yang seru adalah dari sisi materi / content yangdibawa oleh intranet tsb. Pada tingkat yang paling sederhana, mungkin Intranetakan sangat dirasakan manfaat jika e-mail internal perusahaan / institusi dapatdiaktifkan. E-mail yang dilengkapi dengan kemampuan mailing list sangatmembantu untuk melakukan koordinasi antar bagian secara fleksible danmengurangi rapat-rapat yang sering kali melelahkan. Di samping itu yang cukupfatal sebetulnya e-mail mempunyai potensi untuk membuat semua proses dalambadan usaha anda menjadi sangat transparan & siap-siap saja sebagai manajer/ direktur untuk di tegur oleh bawahan anda secara terbuka.
Web dengan perangkat database di belakangnya,biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utamayaitu:
1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakineffisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasimanajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang diIndonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditatadengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melaluiInternet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh kee-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karenaakan tampak sekali cacatnya.
2. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakinkompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam usahanya.Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapatmengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan yang adadi internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan denganhal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kitamelakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baikitu yang bersifat implicit maupun eksplisit. Masih jarang ahli di Indonesiayang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses penguasaan teknikini adalah para pustakawan.
PengertianInternaet Menurut Para Ahli dan Manfaatnya
Apa Itu Internet?
Pengertian internet menurut paraahli beraneka ragam. Secara umuminternet merupakan koneksi dari jaringan komputer-komputer dunia yang dapatmenembus hambatan ruang, waktu dan kondisi di seluruh dunia. Kehadiranteknologi ini tak lain adalah upaya inovasi yang ditemukan manusia dalam rangkamenciptakan sistem kehidupan yang lebih mudah, praktis, murah dan efisien.
Istilah The Web atau jaringanlaba-laba merupakan bentuk analogi dari wujud jaringan internet yang terbentangdi seluruh dunia. Jaringan ini dihubungkan oleh titik-titik yang dapat berupa komputer,peralatan komunikasi atau jaringan lokal.
Lani Sidarta pada tahun 1996memberikan gambaran akan definisi internet secara umum. Meskipun secara fisikteknologi ini adalah wujud dari perpaduan jaringan komputer-komputer dunia,internet perlu juga dipandang serius sebagai gudang informasi. Internet menjadisalah satu sumber daya informasi yang sangat potensial untukmempermudah sistem kehidupan.
Bayangkan saja, kehadiran internettelah mampu melahirkan sebuah sistem kehidupan baru yang lain, ataudiistilahkan dengan dunia maya.Dunia maya memiliki kemiripan yangsangat jelas dengan kehidupan nyata. Apa yang Anda lakukan di dunia nyata, saatini bisa juga kita lakukan di dunia maya.
Bahkan dengan cara yang lebih simpledan murah, berbagai aktivitas dunia nyata bisa sukses kita jalankan di duniamaya. Hebatnya lagi, kadang-kadang aktivitas dunia maya memberikan keuntunganberlipat-lipat lebih baik ketimbang dunia nyata. Sebagai contoh aktivitas bisnisonline yang dijalankan seseorang dengan memanfaatkan teknologiinternet.
Tak jarang para pelaku bisnis duniamaya bisa mendapat keuntungan jauh lebih besar ketimbang pelaku bisnis dunianyata, bahkan dengan cara yang lebih mudah. Inilah salah satu bentuk pengertianinternet menurut para ahli dari sudut pandang luas dan cukup bijaksana.Bagaimana pun kehadiran teknologi internet telah memberikanbentuk kemudahan-kemudahan dalam berbagai sistem kehidupan.
Manfaat Internet
Secara garis besar, teknologiinternet memiliki beberapa fungsi pokok, yakni sebagai berikut;
1.      Sumber informasi  
Ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari layanan teknologi internet. Misalnya informasi bisnis, hobi, belanja,wisata, agama, politik, budaya dan segala macam segmentasi kehidupan, seluruh informasi yang beragam dapat kita temukan di internet.
Informasi ini dapat bersifat pribadi, kelompok maupun negara. Keberadaan nilai informasi yang ada di layanan internet bersifat cepat dan aktual, tidak terhalang pada batas jarak dan waktu. Seluruh pengguna internet bisa mengakses informasi apapun, kapanpun dan dimanapun.
2.      Sarana komunikasiPengertian internet menurut para ahli secara spesifik banyak yang menekankan pada pengertian teknologi internet dalam konteks perannya sebagai alat komunikasi. Kehadiran internet yang mengkombinasikan audio visual sebagai bentuk komunikasi menjadi pilihan banyak orang untuk berkomunikasi secara mudah dan aman melalui internet dengan orang yang ada di berbagai penjuru dunia.
Tidak seperti layanan teknologi lain, tarif internet sama sekali tak dibatasi oleh jarak. Kemudahan bentuk komunikasi ini kian banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memperlancar aktivitas kehidupan mereka, seperti dalam menjalankan aktivitas bisnis maupun belajar mengajar.
Sarana berbagi secara gratis Layanan download dan upload secara mudah di internet menjadikan teknologi ini tak hanya bermanfaat sebatas pada penerimaan informasi semata. Tapi pengguna secara lebih konkrit juga berkesempatan mendapatkan aneka macam oleh-oleh file download seperti; mp3, film, gambar, video, software, E-Book, buku panduan dan sebagainya. Banyak orang yang berjam-jam menghabiskan waktu online di internet oleh karena fungsi internet yang satu ini.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by ABT

0 comments

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar Sobat..Dengan syarat jangan sampai ada unsur sara dan pornografi..Atas pengertian sobat saya ucapkan banyak Terima Kasih.