Powered by Blogger.

Cara Mencegah Virus Spyware Atau Malware

Sobatku berikut ini adalah beberapa Cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk pencegahan terhadap penyusupan Virus, Spyware atau Malware lain. Ini langkah-langkah yang harus dilakukan terlebih bila komputer anda belum tersusupi atau terinfeksi:
cara mencegah virus spyware atau malware

Update selalu AntiVirus, AntiSpyware, AntiMalware hingga firewall
Contoh antivirus:
http://norton.com
Contoh antimalware:
http://www.malwarebytes.org/
Contoh firewall:
http://www.zonealarm.com/
Contoh antivirus dan antispyware
http://www.webroot.com/us/en/
spyware/malware sangat berbahaya. Dapat mencuri informasi email, password hingga melakukan spam ke inbox email. Masuknya spyware/malware kedalam komputer dapat terjadi melalui email, saat mengunjungi website yang sudah terinfeksi, pertukaran file (melalui flashdisk, cd, dll) hingga penggunaan program yang tidak jelas sumbernya.
Ubah password
Password meliputi password windows, email, FTP, website, cpanel dan lain-lain.
Rutin melakukan perubahan password secara berkala. Kemungkinan program Spyware sudah mengetahui password yang digunakan terutama password email atau FTP sehingga email anda digunakan untuk melakukan spam tanpa anda sadari.
Jangan menyimpan password (password saving) di browser seperti Firefox, IE atau browser lain. Juga tidak menyimpan password di program lain terutama FTP. Umumnya banyak orang menyimpan password otomatis guna memudahkan pekerjaan dengan secara otomatis menyimpan password otomatis di program-program seperti browser atau FTP.
Update operating system
Demi menutup celah keamanan komputer, ada baiknya juga rutin update OS yang digunakan (windows, linux, android, dll)
Jangan “Mengobral” email anda
Bila berkunjung ke situs-situs, pastikan berhati-hati memasukkan alamat email anda agar tehindar dari pencurian alamat email.
Hati-hati mendownload program, template website, plugin, script, dll.
Pastikan mendownload program, template website, plugin, script, dll. dari sumber yang jelas dan terpercaya guna menghindari penyusupan. PENTING bagi para webmaster yang sering mendownload template, script, plugin untuk website yang akan digunakan.

PENTING Bagi para webmaster/Pembuat Website

Bila menggunakan template, script, plugin, dll, sekali lagi pastikan berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Bila melakukan proses instalasi script seperti Joomla, WordPress, dll, selalu segera diikuti dengan melakukan update dan penambahan security seperti plugin guna mencegah ada celah keamanan yang dapat disusupi dalam website.
Jangan melakukan install Joomla, WordPress, dll tanpa tambahan security! Website akan rawan dan juga membahayakan server.
Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, Semoga artikel ini bermanfaat buat Sobat...dan jangan lupa meninggalkan komentar sobat..


Comments
1 Comments
Facebook Comments by ABT

1 comments

Anthonie Eka 12 August 2013 at 13:06

wah ngeri juga yah sob kalau sampai kena virus, makasih infonya sangat bermanfaat :)

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar Sobat..Dengan syarat jangan sampai ada unsur sara dan pornografi..Atas pengertian sobat saya ucapkan banyak Terima Kasih.