Powered by Blogger.

Penyebab Penyakit Tipes

Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang umumnya di derita anak-anak  di atas satu tahun namun penyakit tipes juga tidak menutup kemungkinan di alami oleh orang tua. Penyakit  tipes sendiri di sebabkan oleh bakteri salmonella thypti. Makan tapi belum mencuci tangan hingga bersih, minum air mentah langsung dari keran tanpa di masak terlebih dahulu, memasak sayuran tetapi tidak di cuci terlebih daulu merupakan beberapa kegiatan yang dengan mudahnya bakteri salmonella thypti masuk ke tubuh kita dan menyebabkan penyakit tipes.


apa saja ciri-ciri penyakit tipes

·         Demam dengan panas yang makin lama makin tinggi, gejala ini biasanya terjadi pada minggu kedua dan ketiga selam 7-10 hari dan baru turun perlahan-lahan pada minggu keempat.
·         Selama demam tinggi penderita biasanya sering mengigau, dan ingatannya menurun atau tidak dapat berfikir secara jelas.
·         Hilangnya nafsu makan, sehingga menyebabkan badan terasa lemas dan berat badan berkurang.
·         Otot terasa nyeri
·         Buang air besar tidak teratur, sembelit dan diare.
·         Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.
·         Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
·         Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan.
·         Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.
·         Gangguan pada alat-alat lain didalam tubuh adalah radang hati, radang tulang, radang persendian, serta gangguan kejiwaan. Paling berbahaya kalau terjadi kebocoran usus atau luka yang sebelumnya didahului pengeluaran darah dari lubang pelepasan. Kalau terjadi kebocoran usus maka harus dilakukan tindakan operasi.
Nah, setelah mengetahui ciri-ciri penyakit tipes mungkin anda akan bertanya-tanya tentang cara mencegahnya. Untuk pencegahan anda hanya perlu mengetahui penyebabnya, untuk penyebabnya sudah sedikit saya jelaskan di atas tadi. Dengan melakukan kegiatan sebaliknya dari penyebab penyakit tipes maka kemungkinan tipes menyerang juga semakin kecil.


pencegahan penyakit tipes

  • menghindari mengkonsumsi jajanan di pinggir jalan serta jika mengkonsumsi telur sebaiknya telur yang benar benar matang.
  • Sebaiknya melakukan imunisasi tipes untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda terhadap penyakit tipes.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup (7-8 jam/sehari), olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu selama 1 jam.
  • Jika anda pernah mengalami penyakit ini sebaiknya jangan melakukan pekerjaan yang sangat melelahkan sebab akan mudah kambuh jika dibandingkan dengan orang yang belum pernah terkena penyakit tipes.
  • Hindari makanan yang tidak higienis
  • Mencuci tangan sebelum makan.
 semoga artikel ini bermanfaat buat sobat...


Comments
2 Comments
Facebook Comments by ABT

2 comments

JIM 9 August 2013 at 02:11

sippp, artikelnya bermanfaat nih...
saya cuma pernah sekali terkena tipes, waktu kecil dulu.. haha.... ^_^

Alexandro Deo 9 August 2013 at 02:24

haha...yang penting udah pernah di lewati bro...jadi sekarang udah aman..

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar Sobat..Dengan syarat jangan sampai ada unsur sara dan pornografi..Atas pengertian sobat saya ucapkan banyak Terima Kasih.